Samsudin: Setiap Tahun Zakat Fitrah Meningkat

Samsudin: Setiap Tahun Zakat Fitrah Meningkat


Liputankepri.com,Karimun – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun mencatat, penerimaan zakat fitrah pada tahun 2018 mencapai Rp4,387,165,000 dalam bentuk uang tunai. Sedangkan, dalam bentuk beras sekitar 9,725 kilogram.


Zakat fitrah yang terkumpul merupakan gabungan dari seluruh 12 kecamatan di Kabupaten Karimun. Diharapkan, penerimaan zakat fitrah tahun 2019, terus meningkat.

“Alhamdulillah, setiap tahun ada peningkatan yang berzakat fitrah. Paling banyak, berada di Kecamatan Tebing yang mencapai Rp1 miliar lebih,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Syariah Kamenag Karimun H Samsudin, Senin (6/5/2019).

Dari data yang diterima, untuk penyaluran zakat kepada mustahiq mencapai 45.489 orang untuk 12 kecamatan. Bukan hanya zakat fitrah saja, namun ada zakat maal, zakat profesi, fidyah, infaq, dan shadaqah, infaq Ramadan, infaq hari raya.


“Kalau keseluruhan dari infaq, shadaqah, dan zakat, bisa mencapai Rp9,6 miliar lebih. Zakat yang terkumpul telah didistribusikan kepada yang berhak menerima sebesar Rp7,5 miliar lebih,” tuturnya.

Masih kata Samsudin, dari jenis zakat, infaq, dan shadaqah yang paling besar menyumbang adalah zakat profesi sebanyak Rp1,7 miliar dari Baznas Karimun. Kemudian, zakat Maal Rp1,5 miliar, di luar zakat fitrah yang wajib dibayarkan bagi umat muslim selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

“Untuk zakat fitrah tahun 2019, belum kita tentukan. Sebab, harus ada tiga kesepakatan yaitu dari Baznas, MUI, dan Kamenag. Dalam hal ini, melakukan pemantauan harga beras sekarang, tidak sama dengan tahun lalu,” ucapnya.***

(red/bp)

Bagikan Artikel ini :

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.