Bawa Sabu Senilai 3 Miliar,Petugas BC Dumai Amankan Penumpang Feri Asal Batam

Bawa Sabu Senilai 3 Miliar,Petugas BC Dumai Amankan Penumpang Feri Asal Batam

Liputankepri.com,Dumai – Penumpang kapal feri di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Kota Dumai, Provinsi Riau, ditangkap petugas Bea Cukai Dumai membawa dua paket besar narkotika jenis sabu seberat 1,4 kilogram atau senilai Rp3 miliar yang disembunyikan dalam kemasan teh, Minggu (12/5).

Kepala Bea Cukai Madya Pabean Dumai Fuad Fauzi, Senin, mengatakan, pelaku inisial FN (29) ternyata berperan sebagai kurir pembawa sabu-sabu berangkat dari Pelabuhan Kota Batam tujuan Dumai dengan upah antar Rp15 juta.

“Saat kedatangan dilakukan analisa penumpang dengan memeriksa barang bawaan ke mesin x-ray dan kita mencurigai satu orang karena berusaha meninggalkan tas ransel,” katanya,seperti dilansir laman antara.

Melihat gelagat mencurigakan, petugas mendekati pelaku yang berusaha kabur, namun dengan sigap segera diamankan dan dilakukan pemeriksaan badan dan interogasi terkait barang bawaannya.

Berita Terkait :  Bupati Meranti Lepas Gerak Jalan Santai Sempena Hut RI Ke 73 Tahun Di Taman Cik Puan

Barang haram bernilai sekitar Rp3 miliar ini direncanakan bakal diterima seseorang yang tidak dikenal pelaku FN di Kota Dumai. Mereka hanya berkomunikasi lewat telepon terkait barang yang akan dipasarkan ke Provinsi Jambi itu.

“Tas ransel kemudian diperiksa melalui mesin x-ray dan diketahui sabu dikemas dalam bungkusan teh bertuliskan aksara China, kemudian dilakukan tes lebih lanjut,” sebutnya.

Selanjutnya, pelaku dan barang bukti sabu yang diperkirakan bisa merusak 4.200 jiwa orang ini dilimpahkan ke Polres Dumai untuk diproses lebih lanjut. Tersangka diduga melanggar Pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sebelumnya, pada 7 April 2019, Bea Cukai Dumai juga mengamankan dua kurir penyelundup sabu diduga berasal dari Malaysia seberat 3,1 kilogram, ketika mencoba keluar pintu gerbang Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan.

Berita Terkait :  Bisnis Narkotika Dua Warga Selat Panjang Diringkus

Saat pemeriksaan, melintas sebuah sepeda motor melaju untuk menerobos petugas, namun berkat kesigapan berhasil diringkus beserta barang bawaan berupa satu karung berisi tiga paket besar sabu dalam tas ransel. “Harga jual diperkirakan enam miliar rupiah, namun yang lebih penting kita bisa menyelamatkan sekitar 15 ribu jiwa dari narkoba,” ujar Fuad saat itu.***

Bagikan Artikel ini :

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.