oleh

Bea Cukai Musnahkan Barang Senilai Rp1,9 Miliar

Liputankepri.com,Karimun – Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau lakukan pemusnahan terhadap Barang Milik Negara (BMN) dari hasil penindakan sejak awal Januari 2018 hingga Januari 2019, Kamis (31/10).

Jumlah nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp 1,924.329.000 dari 190 kasus penindakan yang dilakukan KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun.

“Barang bukti mikik negara ini sudah mendapat peruntukan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) agar dimusnahkan,” ujar Kasi Kepabaeanan dan cukai KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Ibnu Sina.

Ibnu Sina melanjutkan,seluruh barang bukti yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 7288 Pcs kosmetik, 707 karung ballpress, 152 unit elektronik bekas berbagai jenis 1.900.000 batang hasil tembakau, 166.000 liter MMEA berbagai golongan dan merek, serta 100 Packages berbagai macam barang lainnya.

Berita Terkait :  Kolonel Fauzi: “Lanal TBK Sudah Cukup Baik Mengikuti Uji Terampil”

“Pemusnahan ini juga menindak lanjuti salah satu fungsi DJBC yakni Community Protector untuk melindungi masyarakat dari peredaran ilegal dan berbahaya,” katanya.

Dari pantauan media,proses pemusnahan seluruh barang bukti tersebut dilakukan secara bervariasi yakni dengan cara digiling menggunakan alat berat untuk jenis barang bukti bawang merah, MMEA, dan dibakar untuk sejumlah barang bukti rokok, ballpress, dan lain-lain.

Turut hadir menyaksikan saat pemusnahan tersebut diantaranya Kepolisian, TNI, Karantina, KPLP, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.**

(ronal)

Bagikan Artikel ini :