oleh

Berkomitmen Dalam Implementasi PBJ Secara Elektronik, ULP Meranti Raih Penghargaan National Procurement Award 2019

-Meranti-1 dilihat

Jakarta,| Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang Jasa Kepulauan Meranti kembali meraih penghargaan, kali ini Penghargaan National Procurement Award 2019, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dr. Ir. Roni Dwi Susanto kepada Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH didampingi Kepala Bagian ULP Meranti Janefi Meza, Dalam Acara Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa, bertempat di Jakarta Convention Center, Gatot Subroto, Rabu malam (6/11/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Kabag ULP Meranti Janefi Meza, Kabid Desa Dinas PMD Meranti Darwis SIP MM, Kasubag ULP Fajar MM beserta Jajaran, serta Kasubag Kemitraan Bagian Humas Protokol Meranti Anshary Arif. 

Seperti dijelaskan Kepala LKPP Dr. Ir. Roni Dwi Susanto, terpilihnya ULP Kepulauan Meranti sebagai salah satu pemenang National Procurement Award 2019 pada kategori “Komitmen Penerapan Standar LPSE 2014″ berdasarkan tingginya komitmen dan dedikasi Bagian ULP Meranti dalam mengimplementasikan pengadaan barang/jasa secara elektronik. 

Berita Terkait :  Bupati Meranti Silahturahmi Bersama Keluarga Besar SMKN I Selatpanjang, Sempena Peringatan Hari Guru Ke-73 Tahun 2018

“Selamat kepada daerah penerima National Procurement Award 2019 yang berkat dedikasinya yang tinggi dalam mengimplementasikan pengadaan barang/jasa secara elektronik,” ujar Roni.

Dari keterangan Kabag ULP Meranti Janefi Meza, didampingi Kasubag ULP Fajar, saat ini Bagian Pengadaan Barang/Jasa kab. Kepulauan meranti sudah memenuhi penerapata. 17 standar atau keseluruhan standar pengadaan yang diamanatkan LKPP sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Peningkatan Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

“Alhamdulillah saat ini ULP Meranti sudah kemenuhi standar itu,” ucapnya. 

Adapun 17 Standar pengadaan barang jasa itu meliputi : 

1. Standar Kebijakan Layanan

2. Standar Pengorganisasian Layanan

3. Standar Pengelolaan Aset

4. Standar Pengelolaan Risiko

5. Standar Pengelolaan Layanan Helpdesk

6. Standar Pengelolaan Perubahan

7. Standar Pengelolaan Kapasitas

8. Standar Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Berita Terkait :  Wabup Meranti Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Calon Pimpinan DPRD Meranti

9. Standar Pengelolaan Keamanan Perangkat

10. Standar Pengelolaan Keamanan Operasional Layanan

11. Standar Pengelolaan Keamanan Server dan Jaringan

12. Standar Pengelolaan Kelangsungan Layanan

13. Standar Pengelolaan Anggaran

14. Standar Pengelolaan Pendukung Layanan

15. Standar Pengelolaan Hubungan dengan Pengguna Layanan

16. Standar Pengelolaan Kepatuhan

17. Standar Penilaian Internal

Hal itu dinilai penting karena Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik, pengembangan perekonomian nasional dan daerah, memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money) serta kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran UMKM, dan pembangunan berkelanjutan. 

Menyikapi diterimanya penghargaan tersebut disambut baik oleh Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang diwakili oleh Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, ia berharap penghargaan dapat mendorong ULP Meranti lebih profesionalitas dalam memberikan pelayanan terbaik dalam proses pengadaan barang dan jasa, sehingga pengadaan barang dan jasa berjalan dengan lancar dan mampu memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan mendukung pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi Kabupaten terdepan di Provinsi Riau.

Berita Terkait :  Wakil Bupati Meranti Lantik 7 Pj. Kades, Harapkan Kades Mampu Ciptakan Kondusiftas dan Dapur Masyarakat Berasap Setiap Hari

“Selamat kepada BLP Kepulauan Meranti, semoga semakin profesional dan mampu memberikan pelayanan terbaik dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah,” ujar Syamsuddin.

Sekedar informasi, penghargaan kali ini merupakan penghargaan untuk kedua kalinya yang diraih oleh Bagian ULP Kepulauan Meranti, Sebelumnya juga menerima Penghargaan National Procurement Award 2018, Pertama dan Satu Satunya Kabupaten di Indonesia, penghargaan itu dberikan berkat komitmen yang tinggi Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dalam mendukung penuh bagian layanan pengadaan Kabupaten Kepulauan Meranti untuk peningkatan kematangan kelembagaan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ). (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan Artikel ini :