oleh

Bupati Karimun Buka Bimtek Penyusunan LPPD Tahun Anggaran 2019

-Karimun, Kepri-0 dilihat

Liputankepri.com,Karimun – Bupati Karimun, Aunur Rafiq membuka bimtek penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 Kabupaten Karimun tahun anggaran 2019.

Kegiatan diselenggarakan oleh Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun, di Gedung Nasional Jl Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun, Kamis (7/2/2019) ini berlangsung selama dua hari.

Peserta bimtek sebanyak 53. Terdiri 27 orang dari OPD, 12 dari Bagian dan 12 Camat. Sementara narasumber dari Biro Administrasi Pemerintahan Umum dan Perbatasan Provinsi Kepri serta Tim Inspektorat Daerah Provinsi Kepri.

Turut hadir pada kesempatan ini Sekda Karimun, HM Firmansyah dan Kepala OPD Karimun.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun, M Yunus melaporkan, prestasi LPPD Kabupaten Karimun di tingkat pusat pada tahun 2014 di urutan 61 dengan kategori sangat tinggi dari seluruh Kabupaten se-Indonesia.

Berita Terkait :  Dituduh Gelapkan Uang Perusahaan,Ratih Dijebloskan ke Penjara

Untuk tahun 2015 terjadi penurunan, dimana Kabupaten Karimun berada di urutan 178 kategori tinggi. Kemudian tahun 2016 naik kembali di urutan 73 dengan kategori sangat tinggi.

“Tahun 2017 prestasi LPPD Kabupaten Karimun di tingkat pusat diharapkan masuk 20 atau 30 besar,” pintanya.

Sementara sambung Yunus, untuk prestasi di tingkat Provinsi Kepri pada tahun 2015 dari 7 Kabupaten/Kota, Kabupaten Karimun berada di urutan 3, tahun 2016 tetap di urutan 3 dan tahun 2017 di urutan ke 2 kategori sangat tinggi.

Kabag Pemerintah Umum Kabupaten Karimun, M Yunus menyampaikan laporannya pada pembukaan bimtek penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 Kabupaten Karimun tahun anggaran 2019, di Gedung Nasional Jl Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun, Kamis (7/2/2019).

Berita Terkait :  Sat Narkoba Polres Tanjungpinang Amankan 10.000 Butir Pil Ekstasi

Menanggapi naik turunnya prestasi LPPD di tingkat pusat maupun provinsi, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengharapkan dukungan penuh dari setiap pimpinan OPD dalam menyusun dan menyampaikan data dukung kepada tim penyusun LPPD.

Kemudian, menggali dan melengkapi data dukung yang berhubungan indikator kinerja kunci atau IKK disetiap OPD. Dukungan penuh terhadap penghubung yang ditetapkan pimpinan OPD, agar dapat menyusun dan menyampaikan data tersebut tepat waktu.

“Penyusunan LPPD jangan sampai lewat dari tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. LPPD digunakan sebagai bahan evaluasi dan pembinaan terhadap pemerintah daerah oleh pemerintah pusat,” jelas Rafiq dalam sambutannya saat membuka bimtek.

Disampaikannya, capaian kinerja LPPD Kabupaten Karimun tahun 2016-2017, tataran pelaksanaan kebijakan capaian kinerja urusan wajib dan pilihan terdapat 48 yang kinerjanya meningkat, 28 kinerjanya tetap dan 6 kinerjanya menurun.

Berita Terkait :  Wakil Bupati Karimun Tegaskan Penerimaan Siswa Baru Gratis

Sedangkan, prestasi LPPD Kabupaten Karimun tiga tahun terakhir di tingkat Provinsi Kepri masih dibawah Bintan.

“Prestasinya bisa naik tapi harus adanya niat dari tim penyusun LPPD. Yang diutus mengikuti bimtek, orang-orang atau tim penghubung yang berkompeten. Begitu juga dengan pimpinan OPD nya harus memahami. Forum ini untuk berdialog, tanya jawab sehingga bisa memahami. Jangan hanya datang duduk dan hanya mendengarkan narasumber saja,” pinta Rafiq dengan tegas mengakhiri.***

(red/kepriterkini)

Bagikan Artikel ini :