Bupati Meranti Resmikan Rumah Singgah dan Silahturahmi Dengan Masyarakat Meranti di Karimun

Bupati Meranti Resmikan Rumah Singgah dan Silahturahmi Dengan Masyarakat Meranti di Karimun
Posted by:

Liputankepri.com,Karimun,-Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Bupati Kabupaten Karimun H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si, mengikuti kegiatan Syukuran Rumah Singgah Meranti di Karimun dan Penandatanganan Prasasti serta Peresmian Sekretariat Kekerabatan Masyarakat Meranti (KMM), bertempat di Rumah Singgah Meranti Karimun, Jalan Jend. Sudirman, Harjosari, Kec. Tebing, Kab. Karimun, Minggu siang (24/3/19).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Tokoh Masyarakat Kepri H. Azman Abnur, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, Wakil Ketua DPRD Karimun, Bakti Lubis Forkopimda Kab. Karimun, Ketua PKK Meranti Hj. Nirwana Sari Irwan, Tokoh Meranti Karimun Zulkifli, Jais Ahmad, Nurmawi, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kepala Badan Perpustakaan Meranti H. Ismail Arsyad, Kepala Kantor Kesbang Meranti Drs. Asrizal Harahap, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kepala Kantor Satpol PP Drs. Joko Supriyanto, Kepala Bagian Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kepala Bagian Kominfo Meranti Drs. Syaiful Ikram, Tokoh Masyarakat/Agama dan Pemuda serta ratusan masyarakat Meranti Tj. Balai Karimun yang memadati lokasi acara.

Peresmian Rumah Singgah Pemkab. Meranti ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Irwan didampingi Bupati Anur Rafiq dan H. Azman Abnur, kemudian penarikan selubung papan nama Rumah Singgah yang dilanjutkan dengan peninjauan.

Seperti dijelaskan oleh Panitia Pelaksana, peresmian rumah singgah yang dikemas dengan acara silahturahmi ini sudah lama direncanakan namun baru terlaksana kali ini.

Untuk itu atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Meranti dan Kab. Karimun yang telah memfasilitasi dan memberi bantuan atas terlaksanaa acara tersebut.

Seperti diketahui, Rumah Singgah Pemkab. Meranti di Karimun, sengaja dibangun oleh Pemkab. Meranti untuk membantu masyarakat yang memerlukan rumah singgah untuk berobat dan keperluan lain di Kab. Karimun. Rumah Singgah yang cukup representatif itu dilengkapi dengan ruang tidur, dapur, ruang tamu layaknya Hotel yang dapat digunakan masyarakat secara gratis.

Seperti dikatakan Ketua Masyarakat Meranti Karimun Zulkifli J, Rumah Singgah Kab. Meranti di Karimun sangat strategis bagi masyarakat Karimun asal Kabupaten Meranti, seiring semakin besarnya jumlah masyarakat Meranti Karimun yang berjumlah sekitar 25 ribu orang atau 10 persen dari total seluruh masyarakat Karimun.

Zulkifli J meyakini fasilitas Rumah Singgah ini dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat Meranti di Karimun.

Pada kesempatan itu, Zulkifli juga berharap fasilitas Ambulance Laut dapat ditempatkan di Kab. Karimun karena sangat bermanfaat untuk membawa masyarakat yang sakit. Diceritakan Zulkifli saat salah seorang masyarakat Tj. Kedabu Sakit parah yang ingin kembali dari Karimun ke Tj. Kedabu terkendala karen tidak adanya biaya.

“Semoga Rumah Singgah ini juga untuk mempersatukan masyarakat Meranti di Karimun dengan masyarakat Karimun lainnya,” papar Zulkifli.

Terakhir Zulkifli berharap kepada seluruh masyarakat untuk agar dapat menjaga aset rumah singgah ini dengan baik sehingga memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.

Menyikapi peresmian Rumah Singgah Kab. Meranti di Karimun, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengatakan atas nama Pemkab. Meranti mempersembahkan fasilitas itu untuk seluruh masyarakat Meranti di Karimun maupun masyarakat Meranti yang berobat ke Karimun dan lainnya.

Selama ini dengan dekatnya jarak antara Tj. Samak Kec. Tebing Tinggi Timur ke Karimun banyak masyarakat Meranti yang memilih berobat di Karimun. Untuk itu atas nama Pemkab. Meranti Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit M. Sani yang telah melayani kesehatan masyarakat Meranti dengan baik.

“Sudah sejak lama antara Pemkab. Meranti dan RS M. Sani Karimun melakukan kerjasama soal pelayanan kesehatan masyarakat, dan selama itu mendapat perlakuan yang baik. Semoga kerjasama itu akan terus dilanjutkan karena masyarakat Meranti khususnya di Tebing Tinggi Timur banyak yang berobat ke Karimun karena akses lebih dekat dan mudah,” ucap Bupati.

Selanjutnya ditegaskan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu, Rumah Singgah ini tidak saja dapat digunakan masyarakat Meranti yang berobat ke Tanjung Balai Karimun tapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lainnya semisal Serapung dan Maayarakat Karimun yang berada di Pulau-Pulau.

“Ini memang milik Pemkab. Meranti tapi juga diperuntukan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan yang berbahagia itu, hadir tokoh masyarakat Kepri H. Azman Abnur yang juga berjasa pada saat suksesi pemekaran Meranti lalu. Kehadiran Mantan Men PAN RB RI ini sekaligus untuk melihat apa yang telah diperjangkannya dahulu yang ternyata membuahkan hasil dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Meranti.

Terakhir kepada masyarakat Meranti yang tinggal dan mencari nafkah di Karimun, Bupati Irwan berpesan agar bersama-sama berpartisipasi membangun Karimun lebih baik lagi dimasa mendatang. Ia mewanti-wanti jangan sampai keberadaan masyarakat Meranti menjadi masalah di Karimun

“Mari bersatu padu membangun karimun agar maju dan berkembang,” ajak Bupati.

Tak lupa Bupati juga berpesan kepada Bupati Karimun dengan menitipkan masyarakat Meranti di Karimun untuk dibina dan diberi kesemlatan seperti warga lainnya.

Bupati Irwan juga megucapkan salam dari Gubernur Riau H. Syamsuar yang tidak berkesempatan hadir karena sesuatu hal yang tidak dapat ditinggalkan.

Untuk masalah Fasilitas Ambulance laut yang diusulkan masyarakat Meranti Karimun dijelaskan Bupati, masih dicarikan solusinya namun terkendala beda wilayan Pemerintahan. Tapi Bupati Irwan berharap kedepan dengan adanya Wakil Masyarakat Kepri di DPR RI Azman Abnur dapat mewujudkan harapan masyarakat tersebut.

Seiring cuaca panas ekstrim saat ini yang berpotensi menimbulkan kebakaran Bupati Meranti mengingatkan khususnya bagi masyarakat yang tinggal diwilayah Tj. Jedabu, Desa Gayung Kiri, Tj. Medang, agar lebih berhati hati membakar lahan karena kebakaran yang terjadi lalu sangat luar biasa.

Dan terkait Pilpres yang semakin dekat mengingatkan masyarakat jangan gampang terpengaruh berita Hoax dan menjadi pemilih cerdas.

Selanjutnya Bupati Kab. Karimun Aunur Rafiq, mengungkapkan sangat mengapresiasi keberadaan Rumah Singgah ini, sebagai wadah pemersatu masyarakat Meranti di Karimun, ia berharap silahturahmi antara masyarakat Karimun dan masyarakat Meranti Karimun kedepan semakin erat.

Sesuai harapan Bupati Irwan, dikatakan Bupati Karimun akan memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat Meranti di Karimun dalam berkarier dan berusaha, seperti yang telah ia lakukan di Pemerintahan, begitu juga di TNI/Polri.

“Saya tidak pernah membeda-bedakan baik di Pemerintahan maupun TNI/Polri,” akunya.

Seperti ditegaskan Bupati Karimun, terkait kerjasama RS M. Sani dengan Pemkab. Meranti, senada dengan Bupati pihaknya juga siap berkolaborasi dan menfasilitasi.

“Kami siap bekerjasama dan berkolaborasi dalam pelayanan kesehatan dan juga siap memfasilitasi masyarakat Meranti yang ingin berinvestasi di Karimun,” ujarnya.

Terakhir, sambutan dari Mantan Men PAN RB, H. Azman Abnur, tak banyak yang disampaikan oleh tokoh masyarakat Kepri ini, cuma ia mengatakan saat dirinya menjabat sebagai Men PAN RB RI lalu, ada dua Kabupaten di Provinsi Riau dan Kepri yang menjadi fokus untuk dijadikan percontohan, yakni Kepulauan Meranti dan Karimun, dipilihnya dua Kabupaten ini karena dinilai berhasil melakukan penyempurnaan Tata Kelola Pemerintahan dengan meraih Nilai LAKIP B Plus yang sebentar lagi akan mendapat nilai A.

Meranti dikatakan Azman telah menjadi perhatian Nasional, dimana pertumbuhan paling tinggi di Indonesia dari sisi manapun. Peluang Meranti seperti Banyuwangi dalam tempo tak berapa lama menjadi Kabupaten yang maju.

Kedepan jika ia terpilih di DPR RI akan memperjuangkan landasan pacu Bandara Karimun dari 1300 M menjadi 2300 M agar dapat melayani penerbangan Nasional dan Internasioal.

“Dengan bagitu Karimun dapat menjadi kota singgah diwilayah barat. Yang berujung pada peningkatan PAD dan menjadikan Karimun sebagai Kota Metropolis,” ujar Azman yang juga akan menjadikan Karimun sebagai Kota Industri. (Red).

Bagikan Artikel ini :

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.

•• Box Redaksi | Kode Etik | Standar Perlindungan ••