Gunakan Dana Desa,Polindes Desa Sungai Ungar Tak Kunjung di Fungsikan

Gunakan Dana Desa,Polindes Desa Sungai Ungar Tak Kunjung di Fungsikan
Polindes Desa Sungai Ungar kecamatan Kundur yang menggunakan dana desa TA 2017.
Bagikan Artikel ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

*Polindes Desa Sungai Ungar kecamatan Kundur terkesan mubazir tanpa perencanaan yang matang.

 

Liputankepri.com,Kundur –  Pembangunan Polindes Desa Sungai Ungar kecamatan Kundur yang sudah rampung dibangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) TA 2017 sampai saat ini belum juga di fungsikan.

Polindes tersebut sudah siap dibangun hampair setahun lebih, namun sampai saat ini keberadaanya belum dapat dipergunakan sesuai harapan masyarakat Desa Sengai Ungar Kecamatan Kundur.

“Seharusnya setiap pembangunan yang menggunakan dana desa haruslah diperhitungkan azaz dan manfaatnya terlebih dahulu,agar penggunaan dana desa yang menjadi hak dan harapan masyarakat, dapat dipergunakan sesuai harapan,”jelas Dedi warga Sungai Ungar kepada media ini.

Menurutnya,sudah seharusnya kepada Desa Sungai Ungar terbuka kepada masyarakat perihal terkait penggunaa dana desa untuk peruntukan pembangunan Polindes agar tidah menimbulkan azas praduga tentang indikasi penyalahgunaan anggaran dana desa tersebut.

“Kita masyarakat awam tentunya berasumsi bahwa dana desa ini terkesan sengaja dibagi-bagi untuk sejumlah proyek agar masing-masing pihak mendapat mendapat kucuran dana tersebut,”jelasnya

Sebab ia menilai,pemerintah dalam perencanaan dan penganggaran pagu Dana Desa pada APBN setiap tahunnya memiliki tujuan yang jelas,bukan seperti didesa Sungai Ungar kecamatan Kundur Kabupaten Karimun yang terkesan abu-abu.

“Sesuai Dengan ketentuan,Pasal 72 ayat (2) UU Nomor 6 Tahun 2014 yang mengamanatkan bahwa dana yang bersumber dari APBN ditetapkan sebesar 10 % dari dan diluar transfer kedaerah. Dengan tujuan memperhatikan azas pemerataan dan keadilan antardesa.

Disisi lain pemerintah pusat telah melakukan pemenuhan pengalokasian anggaran dana desa dalam APBN yang dilakukan secara bertahap, sesuai ketentuan Pasal 30A ayat (1) PP No. 22/2015 tentang Perubahan atas PP No.60/2014 tentang Desa Desa yang Bersumber dari APBN jo PP No. 8/201 dan serta mengupayakan terpenuhinya secara bertahap besaran dana desa untuk setiap desa sebesar Rp1-1,4 miliar sesuai janji kampanye Presiden.

Menanggapi hal tersebut,Pamilludin Kepala Desa Sungai Ungar ketika dikonfirmasi soal mengatakan Polindes Sungai Ungar telah digunakan sesuai dengan permintaan masyarakat.

Polindes yang kita anggarkan melalui dana desa sudah di gunakan sesuai dengan permintaan masyarakat,”jelas kades ini.

Sementara,menurut keterangan dari beberapa orang staf kantor desa Sungai Ungar kepada media ini mengatakan,sampai saat ini bangunan Polindes belum bisa dipergunakan disebabkan oleh belum adannya ruangan tempat tinggal bidan,”jelasnya yang enggan disebutkan namanya.

Mengenai persoalan ini,diminta aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti aliran dana desa (DD) TA 2017 pembangunan Polindes Desa Sungai Ungar kecamatan Kundur.(Majid/Nas)

 

 

 

 

loading…


banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.