oleh

Kampanye Dialogis Dihentikan, Ini Penyebabnya di Karimun

Karimun – Sekda Karimun, Muhd. Firmansyah melaporkan perkembangan Covid-19 di Karimun yang mengalami peningkatan cukup signifikan akhir-akhir ini.

Laporan peningkatan jumlah positif di kabupaten Karimun kepulauan Riau disampaikan saat kegiatan Vicon berlangsung di Rumah Dinas Bupati Karimun, Selasa (20/10/2020) malam.

Firmansyah mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan tahapan kampanye Pilkada 2020, baik itu paslon nomor urut 01 maupun nomor 02 tingkat Kabupaten telah di hentikan sementara kegiatan kampanye dialogis selama satu minggu kedepan.

“Satgas Covid-19 sudah melaksanakan rapat evaluasi bersama stakeholder membahas identifikasi permaslahan-permasalahan yang timbul dan sudah menetapkan langkah-langkah yang dianggap perlu,” jelas Firmansyah.

Ia menyebutkan ada beberapa hal yang dicermati sebagai sumber permasalahan meningkatkatnya jumlah positif Covid-19 di Karimun, antara lain;

Berita Terkait :  Aktivis Buruh Batam Dinyatakan Positif Covid-19
  1. Terjadinya peningkatan arus keluar masuk Karimun melalui pelabuhan.
  2. Adanya acara yang mengumpulkan masyarakat dan mengabaikan protokol kesehatan seperti pernikahan dan lain-lain.
  3. Kepedulian masyarakat berkurang meskipun sudah ditetapkan Peraturan Bupati Karimun No. 49/2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 sehingga masih banyak warga yang melanggar dan terkena sanksi.
  4. Adanya klaster baru yang muncul di perusahaan.

“Pemerintah Karimun berharap adanya peningkatan kecepatan proses hasil swab yang cukup lama di Batam karena Satgas selama ini cukup kewalahan dalam mengawasi pasien terduga positif saat melakukan karantina mandiri selama menunggu hasil swab keluar,” terangnya.

Berita Terkait :  Meski Pandemi Covid-19, Pembangunan Desa Pulau Rengas Terus Bergeliat

Untuk mengantisipasi hal buruk yang berpotensi terjadi, Satgas Covid-19 mengambil beberapa langkah salah satunya adalah lebih mengintensifkan kegiatan Operasi Yustisi penerapan Peraturan Bupati Karimun No. 49/2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Kegiatan Vicon berlangsung di Rumah Dinas Bupati Karimun bersama Sekda Karimun, Muhd. Firmansyah mewakili PJS Bupati, Heri Andrianto yang berhalangan untuk hadir.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat mengikuti Vidcon ditempat berbeda, usai meresmikan kampung pengawasan partisipatif di Kecamatan Kundur Barat.***

Bagikan Artikel ini :

Komentar

Tinggalkan Balasan