Kapal Tangker Bertabrakan Dengan Tugboat di Perairan Singapura

Kapal Tangker Bertabrakan Dengan Tugboat di Perairan Singapura

Liputankepri.com,Batam – Kecelakaan (Laka) di laut kembali terjadi. Kali ini tabrakan kapal antara kapal Tangker Shun Sheng dengan kapal Tugboat TB KOI 3 yang mengagandeng tongkang TK KOI 5, di perairan Singapura dengan posisi 01 12′ 000″ N – 103 40′ 000″ E. Akibatnya, dua orang kru kapal dinyatakan hilang, Kamis (7/02) pagi.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S. Erlangga mengatakan, Berdasarkan informasi yang diterima oleh Kapal Patroli XXI-2003 Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepri, kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 07.50 wib.

Kejadian ini bermula ketika TB KOI 3 yang menggandeng TK KOI 5 bermuatan pasir bertolak dari Pasir Gudang, Malaysia menuju Tuas, Singapura.

Dalam perjalanannya, TB KOI 3 ditabrak haluan sebelah kanan oleh kapal tangker Shun Sheng yang mengakibatkan tugboat TB KOI 3 terbalik. Sedangkan tongkang TK KOI 5 terpisah karena tali terputus. Tak hanya mengakibatkan TB KOI 3 terbalik, dua kru kapal juga dinyatakan hilang.

“Untuk yang dua orang ini yakni Dodi Maulana dan Budi Setiyoko diduga terperangkap di dalam kapal tugboat tersebut dengan kondisi telungkup dan ditarik ke Singapura. Untuk tongkang juga ditarik menuju ke Singapura,” katanya, pada Gatra.com, di Batam.

Sementara itu, empat orang kru lainnya yakni Setia Budi Damai, Iswahyudi, Samsul Alam, dan Karjan dinyatakan selamat dan telah dibawa ke rumah sakit di Singapura.

Jajaran Polda Kepri membantu melakukan pencarian dengan melibatkan Kapal Pol XXXI – 2003 Ditpolairud Polda Kepri, Kapal KN. SAR PURWOREJO 101, Speed boat TNI AL pulau Nipa, Speed boat MPA Singapura 3, Speed boat MPA Singapura 4 dan Speed boat MPA Singapura 6.

“Mereka melakukan penyisiran di sekitar Perairan Pulau Nipah dan OPL Barat, melakukan koordinasi dengan Basarnas, TNI AL Pulau Nipah dan Marine Polis Singapura,” tutur Erlangga***

Bagikan Artikel ini :

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.

•• Box Redaksi | Kode Etik | Standar Perlindungan ••