Kodim 0317/TBK Pasang Plang Pengawasan di Pulau Pandan Besar

Kodim 0317/TBK Pasang Plang Pengawasan di Pulau Pandan Besar
Bagikan Artikel ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LIPUTANKEPRI.COM, Karimun – Dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI, Komando Distrik Militer (Kodim) 0317/TBK melakukan pengawasan terhadap sejumlah pulau yang ada di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, salah satunya pulau Pandan Besar.

Pemasangan papan pengumuman dan pengawasan oleh Kodim 0317/TBK

loading…


Upaya yang di lakukan diantaranya dengan memasang papan pengumuman yang bertuliskan “Pulau Pandan Besar  Dibawah Pengawasan Koramil 01/Balai Kodim 0317/Karimun” dan mengibarkan bendera merah putih di pulau tak berpenghuni tersebut.

Menurut Komandan Kodim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie, upaya kali ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa pulau tersebut dalam pengawasan TNI. Sehingga orang luar atau orang tak bertanggung jawab, tidak memanfaatkan dan berupaya menjual pulau yang tidak berpenghuni.

“Upaya ini sebagai salah satu bentuk TNI dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI, sebab baru-baru ini ada kabar dugaan penjualan pulau di wilayah Kepulauan Riau. Untuk  itu kita tidak mau terulang, apalagi masuk dalam wilayah kerja kita,” ucap Rizal kepada wartawan, Selasa (30/1/2018).

Rizal juga mengatakan,  ada 191 pulah yqng masuk dalam wilayah kerja Kodim 0317/TBK untuk dilakukan pengawasan. Terutama pulau dengan potensi di manfaatkan dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Dari 191 pulau ini kita memiliki asumsi, bahwa pulau pandan besar ini memiliki sumberdaya alam khususnya penambangan pasir laut. Berdasarkan ahli penelitian  kemaren menyebutkan, bahwa perkiraan nominal keseluruhan potensi pulau Pandan Besar mencapai Rp 500 triliun. sehingga membuat orang tertarik,” ujar Rizal

Dirinya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut menjaga kedaulatan wilayah NKRI. Apabila ada hal yang dapat berpotensi untuk penjualan pulau maka segera laporkan ke Koramil, Polsek, Pos TNI AL, Lurah dan Camat setempat. Shingga tidak lagi terjadi lagi pulau diperjual belikan.

Pemasangan papan pengumuman dan peringatan ini tidak hanya di pulau Pandan Besar saja, namun akan di berlakukan terhadap pulau lainnya.

“Harapan kita pada saat nya nanti akan kita pasang semua papan pengumuman di pulau pulau yang tidak berpenghuni, namun saat ini masih di prioritaskan terhadap pulau yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan,” tegas Rizal.

Sementara itu ditempat yang sama camat Karimun,  Arpan, menyambut baik kegiatan pemasangan plang di pulau Pandan Besar ini oleh pihak Kodim 0317/TBK.

“Kami menyambut baik tindakan yang diambil oleh Kodim 0317/tanjung Balai karimun ini,  untuk Memasang Plang di Pulau Pandan Besar ini, karena melihat potensi yang cukup mengiurkan bagi sesiapa saja yang meliriknya”pungkas Arpan.

Turut hadir dalam pemasangan Plang di Pulau Pandan Besar ini, TNI beserta Jajaranya, Polsek Balai, Camat serta Kepala Desa. (ron)

 

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.