oleh

Kwartir Cabang Pramuka Meranti Buka KPDK

Meranti- Kwartir Cabang 0412 Pramuka Kepulauan Meranti Kwarda Provinsi Riau menggelar Kursus Pelatihan Dewan Kerja (KPDK) tahun 2019 di Bumi Perkemahan Rumbia Berduri , Jalan Pramuka Dorak yang berlangsung selama Dua hari yakni, mulai 8-10 November 2019 Kegiatan ini diikuti oleh 45 Orang dari Setiap Kwartir Ranting yang ada di Wilayah Kepulauan Meranti.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang 0412 Kepulauan Meranti yang juga merupakan Wakil Bupati Drs H. Said Hasyim Msi.

Said Hasyim mengatakan, adapun tujuan dilaksanakan KPDK tersebut agar dewan kerja mampu menerapkan tugas dan fungsi diwilayahnya masing-masing serta memanfaatkan sumber daya yang ada di wilayahnya kerja guna kepentingan pengelolaan administrasi dan kegiatan.

“Mengaktualisasikan kegiatan Gerakan Pramuka dalam kepentingan bangsa, kemudian melakukan komunikasi yang efektif dalam pengelolaan dewan kerja dan Rancana serta menjawab dan memahami kondisi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kerja masing-masing juga merupakan tujuan penting dilakukannya kursus ini,” ujar Wakil Bupati Meranti Drs Said Hasyim Msi kepada Awak Media Ahad (10/11/2019) Ketika di Konfirmasi.

Berita Terkait :  Diguyur Hujan,Iringan Pawai Ta'aruf MTQ ke-9 Berlangsung Meriah

Selanjutnya, Ia juga mengatakan, ilmu yang diperoleh dari KPDK tersebut tidak hanya sebatas seremonial, tapi juga harus mampu diaplikasikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kwarcab Kepulauan Meranti, kata Said Hasyim Kwarcab harus mampu memotivasi, supaya anggota Pramuka semakin baik, dengan cara berlomba-lomba dan berusaha dalam setiap kegiatan.

“Kami harap kursus ini bisa menjadikan anggota Penegak dan Pandega se-Kwarcab Kepulauan Meranti menjadi Pramuka yang andal dalam mengelola dewan kerja. KPDK ini juga memberikan pengetahuan serta meningkatkan pengelolaan manajemen untuk dewan kerja Penegak dan Pandega dari tingkat ranting hingga tingkat Nasional,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap para peserta dapat mengembangkan kemampuan dan kreatifitas secara maksimal sehingga mampu menjadi insan yang cerdas seutuhnya. Sehingga mampu melahirkan generasi emas Kabupaten Kepulauan Meranti yang dapat membangun dirinya sendiri dan bersama-sama membangun Kabupaten Meranti serta memiliki daya saing yang tinggi.

Berita Terkait :  Bupati Meranti Pimpin Rapat Revitalisasi Pasar Modern

Hal Senada juga di sampaikan Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Asminarti, S.IP Alias
Atik, mengatakan atas terselenggarakan agenda KPDK tentunya, saya berharap dengan kedepannya ,Dewan Kerja lebih aktif dan tanggap untuk merangkul Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang ada di Kwartir Ranting nya masing-masing.

“Dewan kerja yang seyogyanya selaku badan kelengkapan Kwartir, harus mampu menjadi perpanjangan tangan dari Kwartir nya, ada 24 Orang dari Setiap Kwartir Rating yang ada di Kepulauan Meranti,” Jelas
Asminarti, S.IP.

“Kegiatan ini , juga bertujuan untuk silaturahmi antara seluruh Dewan Kerja, selain itu juga memberikan pengetahuan pada Dewan Kerja se Kwartir Cabang Kepulauan Meranti , tentang tupoksi nya dalam berdewan Kerja,” ujar Sekretaris DKC Kepulauan Meranti Rudi Al Amin menambahkan.

Berita Terkait :  Trinanda Putra Terpilih Sebagai Ketua Umum IPRY-KKM Periode 2019 - 2020

Ia juga mengatakan dalam kegiatan ini ,ditujukan untuk silaturahmi dengan Purna Dewan Kerja, pengurus Kwartir Cabang serta memperkenalkan pengurus Dewan Kerja Cabang yang baru.

Ketua Pelaksana, Zaki Khairuddin juga menyampaikan,
Dalam Kegiatan ini diucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus kwartir cabang, peserta, Purna Dewan Kerja, pengurus kwartir ranting, sanggar kerja serta pihak-pihak yang membantu menyukseskan kegiatan ini.

“Diharapkan kedepannya, kami mampu melaksanakan kegiatan yang lebih baik dari kegiatan ini,
Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami tidak mengalami kendala yang cukup berarti selain anggaran pelaksanaan kegiatan ini tapi berkat kerjasama antara Pengurus Kwartir Cabang dan Dewan Kerja Cabang kegiatan ini bisa terlaksana seperti apa yang di rencanakan,” harapnya.(An/Win).

Bagikan Artikel ini :