oleh

Lima Destinasi Wisata Riau Menarik Dikunjungi

-Nasional, Riau-0 dilihat

Liputankepri.com,RiauMemiliki rencana untuk berkunjung ke Riau dalam waktu dekat? Jangan lewatkan lima destinasi wisata menarik berikut ini, ya!

Kalau membahas destinasi wisata tanah air, mungkin beberapa nama destinasi yang akan tedengar adalah Bali, Lombok, Sumba, Maluku, atau Raja Ampat. Padahal, dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau (you sing, you lose! 😂) dengan keindahan alam yang juga tidak kalah menarik untuk dieksplorasi, lho! Salah satunya adalah Riau yang terletak di bagian tengah Sumatra. Kalau mendengar nama Riau, mungkin Anda langsung akan terbayang dengan kultur peranakan Melayu yang sangat kental mengingat posisinya yang juga berseberangan dengan Malaysia. Nah, tahukah Anda, kalau Riau juga memiliki lima destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan? Yuk, simak di sini!

1. Istana Siak Sri Indrapura

Kalau melihat fotonya secara sekilas, mungkin Anda akan berpikir bahwa lokasi di atas adalah istana yang berada di Maroko atau India, padahal sebenarnya istana ini ada di Riau, lho! Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaiffudin. Menurut sejarah, beberapa tahun silam Kota Siak adalah pusat kesultanan Islam terbesar di Riau. Dengan luas sebesar 32 ribu meter persegi, Anda akan menemukan berbagai koleksi Kerajaan Islam Melayu di dalamnya, seperti koleksi cermin, pakaian, hingga tata ruangan dengan penjelasannya masing-masing. Oh, iya, konon katanya jika Anda bercermin pada cermin krsital Permaisuri Tengku Agung, Anda akan terlihat tetap cantik dan awet muda, lho!

Berita Terkait :  Bupati Meranti Resmikan Kantor Bumdes Mandiri dan Posyandu Kelapa Desa Bokor

2. Pulau Jemur

Berlokasi di Selat Malaka antara Indonesia dan Malaysia, Kepulauan Arwah di Kabupaten Rokan Hilir kini semakin ramai akan wisatawan. Kepulauan ini memiliki sembilan gugusan pulau, mulai dari Pulau Pertandangan, Pulau Batu Mandi, Pulau Batu Berlayar, hingga Pulau Jemur yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Meskipun belum terdapat penginapan seperti hotel, pulau seluas 3,5 km persegi ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu penangkaran penyu dan melihat penyu bertelur. Selain itu, masih ada pula Goa Jepang, Menara Mancusuar, Taman Laut, dan masih banyak lagi spot menarik lainnya di pulau ini, lho!

3. Air Terjun Lubuk Bigau

Air terjun yang juga kerap disebut Air Terjun Pangkalan Kapas ini terletak di Desa Lubuk Bigau yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Kota Pekanbaru. Nah, dari Desa Lubuk Bigau, air terjun ini masih berjarak sekitar 4,5 km dan dapat ditembuh dengan jasa ojek dalam waktu 15 menit saja. Air Terjun Lubuk Bigau menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Riau karena lokasinya yang masih sangat alami, dikelilingi hutan rimbun, dan area perbukitan yang sejuk.

Berita Terkait :  KSOP Himbau Seluruh Nahkoda Kapal Tetap Waspada Terhadap Kondisi Cuaca 

4. Candi Muara Takus

Dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3-4 jam dari Kota Pekanbaru untuk bisa mencapai lokasi di mana Candi Muara Takus berada. Merupakan cagar budaya nasional Indonesia, candi ini memiliki area yang sangat terawat sehingga membuat para wisatawan betah berkunjung. Candi Muara Takus merupakan candi peninggalan Buddha, yang bisa dilihat dari banyaknya stupa-stupa berlambangkan Buddha. Meskipun sekilas terlihat tidak terlalu luas, sebenarnya kompleks candi ini dikelilingi tembok seluas 74 x 74 meter, lho! Selain Muara Takus, ada pula beberapa candi lainnya seperti Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

5. Ulu Kasok

Destinasi wisata ini telah mendapat banyak sekali julukan ‘mini Raja Ampat’. Yup, dengan pemandangan pulau-pulau dengan hutan hijau yang berdekatan, sekilas Ulu Kasok benar-benar tampak serupa dengan pemandangan Raja Ampat, ya! Ulu Kasok yang terletak di Desa Pulau Gadang ini sebenarnya merupakan rangkaian pulau yang berada di tengah bendungan PLTA Koto Panjang, sehingga memiliki air tawar alih-alih air asin seperti Raja Ampat. Berjarak 2,5 jam perjalanan dari Kota Pekanbaru, Ulu Kasok menawarkan tiga spot wisata, yaitu air terjun setinggi 4 menter, wisata pulau dan yang paling populer, Puncak Ulu Kasok dimana Anda bisa berfoto ria dengan latar belakang jajaran pulau.***

Berita Terkait :  Pagi ini Server Youtube Down "503" Tidak Bisa Di Akses Seluruh Negara

Sumber : Journal

Bagikan Artikel ini :
  • 12
    Shares