banner 200x200

Persiapan Menjelang Pemilu,Polda Kepri Gelar Apel Mantap Brata Seligi 2018

Persiapan Menjelang Pemilu,Polda Kepri Gelar Apel Mantap Brata Seligi 2018
Bagikan Artikel ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Liputankepri.com,Batam – Dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019, Kapolda Kepulauan Riau didampingi Danrem 033/Wira Pratama pagi ini memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Seligi – 2018 bertempat di Alun-Alun Engku Putri Batam Center, Rabu (19/9/18).

Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan Pemilu tahun 2019 agar dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

Selama 397 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019 sebanyak 272.886 personel Polri di seluruh wilayah Indonesia akan melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dengan memberikan jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik guna memilih Anggota Legislatif, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K selaku Ka Ops Da Mantap Brata 2018 membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. agar dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang terlibat Operasi Mantap Brata 2018

Kapolri menyampaikan bahwa akan berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dengan mengedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait akan perkuat soliditas dan sinergisitas serta menjaga netralitas TNI-Polri,”tutur Kapolda

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kepri turut mengajak seluruh tamu undangan dan peserta apel yang hadir untuk menunjukan pada dunia khususnya di Indonesia bahwa TNI Polri dengan segenap stakeholder yang ada serta didukung segenap masyarakat siap ciptakan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Berita Terkait :  Memeras Pengusaha,Tim OPP Polda Kepri Tangkap Oknum Polsek Sekupang

Hal tersebut juga didukung oleh Danrem 033 Wira Pratama yang pada kesempatan tersebut juga mengajak seluruh tamu undangan dan peserta apel yang hadir untuk menjaga arahan dari Kapolri dan Kapolda yang telah disampaikan dengan wujud motto yaitu TNI, Polri dan Masyarakat bersatu tak terkalahkan.

Turut hadir Gubernur Provinsi Kepri, Wakil gubernur Provinsi Kepri, Wakapolda Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Kajati Prov Kepri, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Kabinda Kepri, Ketua KPU Kepri, Ketua Bawaslu Provinsi Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Danlanud, Walikota Batam dan Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Seligi 2019.

Kemudian Setelah Apel Gelar Pasukan dilanjutkan Dengan Simulasi Latihan Pra Operasi Mantap Brata 2018, dengan menampilkan peragaan Personel dalam menghadapi tantangan pd tahapan-tahapan Pemilu 2019 yg meliputi : Pemeriksaan makanan dan minuman,Sterilisasi lokasi,Pengawalan VVIP kelokasi kampanye,Pengawalan VVIP menjemput rombongan Capres,

Tahapan kegiatan kampanye,Pengawalan kembali dari kegiatan kampanye,Penghadangan Masa terhadap capres dan cawapres.

Kemudian melakukan pengamanan Masa ampanye,Pengamanan Masa tenang,Tahap pendistribusian logistik,Tahap pemungutan suara dan penghitungan suara,Pengawalan hasil pemungutan suara dari PPS ke KPU.

Menghadapi situasi Kuning.,Menghadapi situasi Merah,Menghadapi situasi anarkis dan penjarahan,penindakan teror,penjinakan bahan peledak.***

(Rls/Kabid Humas Polda Kepri)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.