banner 200x200

Sekda Meranti Buka Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat Desa, Upaya Kembangkan Ekonomi Masyarakat Desa

Sekda Meranti Buka Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat Desa, Upaya Kembangkan Ekonomi Masyarakat Desa
Posted by:
Bagikan Artikel ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Liputankepri.com,Meranti,-Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, membuka Pertemuan Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, Sekda berharap melalui kegiatan dapat membentuk Lembaga LEM yang mampu menjadi motor penggerak usaha ekonomi Desa, bertempat di Gedung Orange Kantor Bupati Meranti, Selasa (2/9/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, Staf Ahli Bupati M. Arif, Drs. Said Asmaruddin, Drs. Askandar, Asisten II Sekda Merant Drs. Syamsuddin, Penyuluh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Riau Logo Siregar, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Ir. Prasetyo, Ketua Komisi A DPRD Meranti Edy Masyudi SPdi M.Pdi, Kepala Sub Bagian data dan Informasi Kementan RI Yanuar Arianto, Sekretaris Dinas Perkebunan Meranti Drs. Widodo, serta Para Peserta LEM Desa.

Sekedar informasi, Seperti dijelaskan Penyuluh Dinas Tanaman Pangan Hortikultuta Provinsi Riau Logo Siregar, kegiatan Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, sebuah lembaga yang berorientasi terhadap kegiatan usaha tani yang terpadu dan terintegrasi ditingkat Desa, merupakan program Ditjend Kementrian Pertanian RI yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Tahun 2018 melalui tugas Pembantuan.

Kegiatan diawali dengan kegiatan sosialisasi tingkat Provinsi Riau terhadap dua Kabupaten terpilih yakni Kepulauan Meranti dan Indra Giri Hilir. Selanjutnya seleksi tim fasilitator Provinsi dan Kabupaten untuk dilakukan Bimbingan Teknis kepada Fasilitator yang telah direkrut. Terakhir barulah dilakukan pembentukan LEM di Kabupaten dan Desa.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi terhadap Lembaga Ekonomi Masyarakat yang akan dibentuk di Desa, sehingga benar benar berfungsi maksimal dalam menumbuh kembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa khususnya dibidang Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura.

Berita Terkait :  Rencana Pembangunan Jembatan Batam - Bintan Segera Terealisasi

Menyikapi kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggetanya kegiatan itu untuk menggerakan ekonomi berbasis Pertanian, Perkebunan, Perikanan di Pedesaan. Menurutnya keberadaan LEM Desa sangat strategis dalam menumbuh kembangkan usaha Pertanian, Perkebunan di tingkat Desa.

“Lembaga LEM sangat strategis karena jika pengembangan usaha pertanian dilakukan sendiri sendiri tidak maksimal jadi perlu dilakukan secara kelembagaan, dan ini merupakan salah satu usaha kita dalam menggerakan ekonomi Desa,” jelas Sekda Yulian Norwis.

Salah satu harapan Sekda, yang butuh peran Lembaga LEM untuk mewujudkannya adalah, Usaha Ekonomi Masyarakat di Desa Gogok yang saat ini sedang mengolah pupuk pertanian.

“Saya berharap tahun ini dapat terbentuk Lembaga LEM di Desa Gogok, yang mampu mendorong berdirinya Pasar Tani atau Centra Penjualan Produksi Pertanian,” harapnya.

Dengan begitu dikatakan Sekda, melalui Lembaga LEM diyakini akan dapat mengembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa menjadi lebih besar lagi yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa.

“Melalui lembaga ekonomi inilah kita bisa mengerakan usaha eknomi masyarakat mulai dari pengembangan produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Saya harap Lembaga ini benar benar produktif dalam memggerakan roda ekonomi di Pedesaan,” ujarnya lagi.

Terakhir demi suksesnya Lembaga LEM di Meranti dalam mendorong peningkatan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa, Sekda Yulian Norwis berharap bimbingan dari Pemeringah Provinsi Riau. Selain itu juga peran Perbankan dalam membantu dibidang permodalan.

“Demi suksesnya peningkatan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa ini kita harapakan juga bimbingan dari Pemerintah Provinsi dan dukungan pihak Perbankan dalam membantu permodalan,” pungkasnya. (Red/Hms

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.