oleh

Sekda Meranti Tutup MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranri 2019, Kecamatan Tebing Tinggi Juara Umum

-Meranti-20 dilihat

Liputankepri.com ,SelatpanjangMusabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti resmi ditutup, penutupan langsung dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis Sae MM, Bertempat di Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu malam (24/7/2019).

Turut hadir bersama Sekda Meranti, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Kepala Kantor Kemenag Meranti H. Darwison M.Ag, Kabag Ops Polres Meranti, Danposal, Ketua MKH LAM Meranti H. Ridwan Hasan, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan Jajaran Pejabat Eselon II, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Drs. Husni Gamal dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat Se-Kabupaten Meranti, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019, ditandai dengan pemukulan beduk oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM dan Kabag Ops Polres Meranti disaksikan Forkopimda dan seluruh masyarkat yang hadir.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Abdullah Qori Terbaik Cabang Tilawah Utusan Pulau Merbau Abdullah.

Seperti diketahui kegiatan MTQ ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan ukuah Islamiah sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membaca, menulis, mengamalkan, dan menghafal Al-Quran. Diharapkan dengan momentum ini masyarakat dapat mengamalkan isi dan kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tema yang diusung “Dengan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kep. Meranti Tahun 2019 Kita aktualisasi nilai Al-Quran untuk mencerahkan kebidupan beragama rukun dan damai”

Berita Terkait :  Bisnis Narkotika Enam Warga Meranti Di ciduk Polisi

Dalam pidatonya Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan acara MTQ Kabupaten, khususnya panitia dan Kecamatan Tebing Tingi selaku tuan rumah.

Terima kasih yang sama juga disampaikan Sekda kepada Dewan dan Majelis Hakim yang telah melaksanakan tugas dengan baik, melakukan penilaian terhadap Qori dan Qoriah terbaik Meranti, diharapkan para Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Meranti di ajang MTQ Tinggkat Provinsi di Kabupaten Kampar nantinya dapat menuai prestasi gemilang.

Lebih jauh dikatakan Sekda, tahun lalu prestasi Meranti di ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau agak menurun dan melalui MTQ Ke-XI Tingkat Kali imi Sekda berharap Meranti dapat menjadi yang terbaik untuk itu ia meminta LPTQ bisa membimbing dan membina secara khusus Qori dan Qoriah Meranti sehingga meraih prestasi sesuai yang diharapkan.

Dan yang tak kalah penting ajang MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019 ditegaskan Sekda H. Yulian Norwis, jangan hanya sekedar pelaksanaan kegiatan rutin tapi harus dimaknai dengan mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga sesuai dengan Visi dan Misi Meranti menjadikan Meranti sebagai negeri Madani.

Berita Terkait :  Alamak!!! Sarden Kaleng Diduga Mengandung Cacing Pita Ternyata Banyak Beredar di Selatpanjang

Terakhir kepada seluruh masyarakat kembali Sekda meminta untuk menggaungkan Al-Quran hingga kepelosok negeri yang diiringi dengan pengamalan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari hari sehingga Meranti dapat terhindar dari bala becana dan menjadi negeri yang Baldatun, Toybatun, Warabun Ghofur.

“Mari pelajari, pahami dan aplikasikan Al-Quran dengan sebaik-baiknya agar kita semua diberi keselamat oleh Allah SWT,” ujarnya lagi.

Sebelum menutup pidatonya, Sekda mengucapkan selamat kepada Qori dan Qoriah yang berhasil menjadi juara dan bagi yang belum juara diharapkan dapat terus berlatih dengan pembinaan maksimal oleh LPTQ Kecamatan sehingga di ivent-ivent berikutnya dapat menuai prestasi gemilang.

Sekedar Informasi dari hasil penilaian Dewan Hakim dan Majelis Hakim, menetapkan Qori terbaik MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019 oleh Sekretaris Dewan Hakim H. Zulkhairil S.Ag, Dewan Hakim memutuskan Hasbullah Peserta Tilawah Cabang Dewasa dengan Nilai 94.8 Utusan Kec. Pulau Merbau.

Berita Terkait :  Bupati Meranti Terima Baznas Award Tahun 2018

Sementara untuk juara MTQ kali ini mulai dari urutan terakhir adalah Juara 9. Kecamatan Merbau Jumlah Nilai 5, Juara 8. Rangsang Pesisir 19, Juara 7. Tasik Putri Puyuh 25, Juara 6. Pulau Merbau 27, Juara 5. Rangsang Barat Jumlah Nilai 33, Urutan 4. Kecamatan Rangsang Nilai 34, Juara 3. Kecamatan Tebing Tinggi Barat Nilai 35, Juara 2. Kec. Tebing Tinggi Timur 43, dan Juara Umum Jatuh Pada Tuan Rumah Kecamatan Tebing Tinggi Nilai 74.

Acara penutupan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulaun Meranti ditutup dengan penyerahan piala bergilir dari Sekretaris Daerah kepada Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si yang keluar sebagai juara umum dan piala kepada Qori serta Qoriah yang keluar sebagai pemenang.

MTQ kali ini diikuti oleh 341 peserta yang berasal dari utusan 9 Kecamatan Se-Kabupaten Meranti, kegiatan MTQ yang digelar selama 5 hari ini memperlombakan beberapa cabang yakni pertama Cabang Tilawah Quran, kedua Cabang Tahfiz dan Tafsir Quran, ketiga Cabang Khatal Quran, keempat Cabang Syahril dan Fahmil serta MMQ. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan Artikel ini :