oleh

Setda Natuna Buka Acara Sosialisasi Keamanan dan Mutu Pangan Segar

Liputankepri.com,Natuna –Keamanan pangan merupakan salah satu isu sentral yang berkembang di masyarakat, baik karena masih banyaknya kasus-kasus keracunan bahan pangan maupun semakin meningkatnya kesadaran dan tuntunan masyarakat terhadap makanan yang sehat dan halal.

Masyarakat selaku pelaku usaha dan konsumen perlu mengetahui bahwa, setiap pangan segar maupun olahan pada dasarnya sangat memungkinkan mengandung bahan kimia yang dilarang dan sangat membahayakan kesehatan manusia.

Melihat permasalahan dan dampak negatif akibat mengkonsumsi pangan yang tidak aman, maka pengawasan keamanan pangan segar mutlak diperlukan.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Setda Kab Natuna, Tasrif amran ketika membuka acara Sosialisasi Keamanan dan Mutu Pangan Segar, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Selasa (10/9) pagi.

Berita Terkait :  Siapa Abu Bakar Penyuap Gubernur Kepri, Benarkah Ini Jebakan?

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait dan peserta sosialisasi yang merupakan perwakilan dari para pedagang sayur-sayuran dan buah-buahan di pasar Ranai dan Pulau Bunguran Besar.

Lebih lanjut, Tasrif menyampaikan untuk mewujudkan pangan segar dan tumbuhan yang aman serta berdaya saing tinggi, diperlukan program berkelanjutan seperti publikasi di media massa dan sosialisasi kepada masyarakat.

Melalui berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah diharapkan akan memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk dapat memilah dan memilih produk pangan yang aman dan berkualitas serta bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Selanjutnya Ketua Pelaksana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Natuna, Sri Hariningsih melaporkan bahwa tujuan dari kegitan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang keamanan pangan serta meningkatkan kepedulian dari pemerintah yang menangani fungsi keamanan pangan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Berita Terkait :  DJBC Khusus Kepri Kembali Lakukan Penegahan Barang Selundupan dan Hibah Bawang Merah

Narasumber yang dihadirkan pada acara sosialisasi tersebut adalah dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau yaitu M. Basri, SP.***

(red/humas_Pro/Jasifah/Sofian)

Bagikan Artikel ini :