oleh

Terima 3 Penghargaan Pengelolaan Keuangan, Sekda Meranti Sebut Itu Bukti Komitmen Meranti Mewujudkan Good Goverment dan Clean Goverment

-Meranti-4 dilihat

LIPUTANKEPRI.COM, |Pemerintah Kepulauan Meranti menerima 3 penghargaan keberhasilan Pengelolaan Keuangan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Riau, penghargaan itu menurut Sekda adalah berkat kerjasama dari seluruh aparatur ASN Pemkab. Meranti dalam mewujudkan Pemerintahan yang baik dan Pemerintahan yang bersih (Good Goverment And Clean Goverment).

“3 penghargaan yang kita terima kemarin adalah bukti komitmen Meranti berhasil dalam mengelola keuangan secara Good Goverment dan Clean Goverment,” ujar Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, kepada wartawan, Senin (4/11/2019).

3 penghargaan pengelolaan keuangan itu adalah, 1. Penghargaan atas keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan dengan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018, 2. Penghargaan Berhasil Mempertahankan Predikat WTP 5 kali berturut-turut dari Tahun 2013-2018, 3. Penghargaan Kinerja Pengelolaan Keuangan Desa Terbaik.

Ketiga penghargaan itu, diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Riau Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Bakhtaruddin dan Gubernur Riau H. Syamsuar kepada Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, bersempena dilaksanakannya kegiatan Seminar APBN dan Kebijakan Dana Transfer Tahun Anggaran 2020 di Hotel Aryaduta Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait :  Jenazah Nerhak Berhasil Ditemukan Ratusan Warga Padati Pelabuhan Alai

Jika melihat 3 penghargaan pengelolaan keuangan yang diraih oleh Pemkab. Meranti sudah dapat dikatakan kalau kualitas laporan keuangan yang disajikan oleh Pemkab Meranti sudah sangat handal yang didukung dengan pengeloaan keuangan daerah yang sangat baik.

Hal itu tentunya berkat penyajian laporan keuangan Pemkab. Meranti dengan menerapkan Sistem Berbasis Akrual sehingga penyajiam laporan kekayaan, realisasi anggaran dan sisa anggaran lebih dapat dilakukan dengan baik dan komprehensif.

Menyikapi hal itu, Sekda Meranti H. Yulian Norwis, mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur Pemkab Meranti yang terlibat dalam pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan daerah sehingga Meranti berhasil meraih Opini WTP 5 kali berturut-turut.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil mendapatkan 3 penghargaan  pengelolaan keuangan salah satunya opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018, Keberhasilan PengelolAn Dana Desa dan Opini WTP 5 kali berturut-turut,” ujar Sekda.

Berita Terkait :  Sekda Meranti Hadiri Seminar Pengembangan Diri Sempena Peringatan HUT DW dan Hari Ibu Kepulauan Meranti, Himbau DW Terus Kembangkan Diri

Namun begitu, Sekda Meranti berpesan kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab. Meranti, agar jang lekas berpuas diri. Ia berharap kedepan prestasi itu harus dapat dipertahankan caranya dengan terus melakukan menyempurnakan dan meningkatkan kualitas dalam hal pengelolaan keuangan maupun pelaporan.

“Saya berharap semua aparatur yang terlibat harus memahami semua standar pemeriksaan keuangan yang terus berkembang, update semua informasi terbaru sehingga mampu menerapkan sistem pelaporan keuangan yang baik dan terintegrasi,” harap Sekda.

Hal ini menurut Sekda, sesua dengan arahan dan keinginan Bupati Meranti H. Irwan M.Si, yang berharap apa yang diraih saat ini dapat menjadi Legacy dan Operating Prosedure bagi SDM Pemkab Meranti dalam menyajikan laporan keuangan yang Akuntable.

Berita Terkait :  Sekda Meranti Pembina Upacara Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Himbau Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Sekedar informasi seperti telah diberitakan dimedia masa, Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi pencapaian positif penghargaan WTP tersebut, sebagai buah dari kerjakeras pemerintah daerah dalam mengelola keuangan yang akuntabel dan transparan sesuai hasil pemeriksaan BPK.

“Semoga penghargaan ini bisa terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Kalau laporan keuangan daerah bagus dan dapat WTP, pemerintah pusat pun akan memberikan kepercayaannya kepada kita. Kemenkeu juga akan memberikan dana insentif daerah. Untuk itu kita jadikan pencapaian ini sebagai motivasi juga agar pengelolaan laporan keuangan daerah semakin akuntabel dan transparan” kata Gubri. (Rls)

Bagikan Artikel ini :