Tutup Pelatihan Asistensi SAKIP Meranti 2019, Wabup Meranti Harap PNS Terus Tingkatkan Kinerja

Tutup Pelatihan Asistensi SAKIP Meranti 2019, Wabup Meranti Harap PNS Terus Tingkatkan Kinerja

Liputankepri.com,Batam-Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim menutup kegiatan Asistensi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, dalam kegiatan dalam rangka mempertajam pemahaman OPD dalam menyusun perencanaan kegiatan berbasis kinerja itu, Wakil Bupati berharap kepada semua OPD dapat menerapkannya dengan baik untuk meningkatkan Nilai SAKIP Meranti menjadi ‘A’, bertempat di Grand I Hotel Batam, Jumat (25/1/2019).

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner, Kepala Bappeda Meranti H. Makmun Murod, Inspektur Meranti Drs. Suhendri M.Si dan jajaran Pejabat Eselon II, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ortal Rika S.Sos, dan para Kabag Sekda Meranti, Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat dan Kasubag Program masing-masing OPD.

Dalam kegiatan Pelatihan Asistensi SAKIP sesi kedua yang ditaja Bagian Ortal dan Bappeda Meranti ini Para Kepala OPD dan Para Camat diminta untuk memaparkan Casecading atau Pohon Kinerja yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan berbasis kinerja disetiap OPD dan Kecamatan.

Dalam pemaparan yang dilakukan oleh Kepala OPD dihadapan Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah serta pembimbing dari Kemen PAN RB, penyusunan Casecading yang dilakukan oleh setiap OPD ang berbasis kinerja, efektif, efisien dan bermanfaat, terbukti sudah cukup baik namun beberapa masih butuh penyempurnaan

Bagi OPD yang belum sempurna menyusun Casecading langsung mendapat bimbingan dari Tim Pembina SAKIP Kemen PAN RB dan Sekda Meranti H. Yulian Norwis begitu juga Tim SAKIP Bappeda Meranti yang dipimpin Dr. Ardiansyah. Setelah diberi petunjuk dan arahan dari para ahli yang cukup kompeten itu Kepala OPD yang didampingi Sekretaris dan Kasubag Program terlihat sudah dapat memahami dengan baik.

Berita Terkait :  Terdakwa Penyelundupan Narkotika Divonis 13 Tahun

Dan itu dikatakan langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim yang mengaku sudah cukup puas dengan kemampuan setiap OPD dan Kecamatan dalam menyusun Casecading, andaipun terdapat salah dan kekurangan menurutnya itu hal biasa karena semua masih dalam tahap pembelajaran namun ia berharapan dapat terus disempurnakan demi kemajuan Meranti kedepan.

“Kita harus menjadi pemerintah yang peka terhadap kebutuhan masyarakat, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dari pemerintah yakni kehidupan dan kesejahteraan yang lebih bajik dapat sama-sama kita wujudkan,” harap Wakil Bupati.

Dan yang terpenting dari pelatihan ini menurut Wabup adalah agar pegawai lebih menyadari apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

“Yang penting pegawai memiliki kinerja yang tinggi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya.

Kinerja PNS itu sangat penting bagi daerah maupun individu PNS apalagi dengan wacana penerapan single salary disetiap Pemerintah Daerah, setiap PNS akan diberikan upah sesuai dengan kinerja yang telah ia lakukan.

Terakhir, seperti juga harapan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Wakil Bupati meminta setiap pegawai dapat menjadi PNS yang benar benar dibutuhkan oleh organisasi, jangan sampai menjadi pegawai yang tidak tahu apa apa bahkan membuat kemunduran dan menimbulkan penyakit bagi organusasi pemerintahan.

“Saya harap semua pegawai dapat meningkatkan kinerjanya dan jadilah pegawai yang benar benar dibutuhkan oleh organisasi,” pungkas Wabup H. Said Hasyim.

Sekedar informasi saat ini dari informasi ang disampaikan Deputy Kinerja Aparatur Kemen PAN RB RI M. Yusuf Ateh, berkat komitmen yang tinggi dari semua OPD dilingkungan Pemkab. Meranti dalam menyusun dan menjalankan kegiatan berbasis manfaat, Kemen PAN RB telah menaikan Nilai SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti dari ‘B’ ditahun 2017 lalu menjadi ‘B Plus’ tahun ini. Atas hasil itu Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan satu-satunya di 12 Kabupaten Kota Se-Riau yang berhasil meraih nilai SAKIP ‘B Plus’.

Berita Terkait :  Hendriawan Disekap Dua Hari di Kawasan Kampung Aceh

Penyerahan Nilai SAKIP ini menurut rencana akan dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) RI, dan Rapor SAKIP itu dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Kabupaten Kota Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat nantinya yang dipusatkan di Kota Bandung, Senin (28/1/2019) mendatang. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan Artikel ini :

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.