Usai Operasi, Kondisi Rafiadi  Bayi Penderita Benjolan Di Kepala Mulai Membaik

Usai Operasi, Kondisi Rafiadi  Bayi Penderita Benjolan Di Kepala Mulai Membaik
Bagikan Artikel ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

liputankepri.com, KARIMUN – Setelah menjalani operasi di bagian kepalanya, kondisi kesehatan Rafiadi, bayi berusia 4 bulan yang mengalami benjolan di kepala (meningo ensefalokel) kini mulai membaik.

Bayi dari pasangan Refendi dan Suhaini, warga Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, telah menjalani operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) beberapa waktu lalu.

Disamping atas bantuan swadaya masyarakat, biaya operasi Rafiadi juga berasal dari bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan BPJS Kesehatan.

Bupati Karimun H Aunur Rafiq bersama anggota DPR-RI Dwi Ria Latifa, menyempatkan diri menjenguk Rafiadi di kediamannya di Dusun Pelambung, Desa Pongkar, Senin (5/11/2018)

Bupati Karimun Aunur Rafiq (kanan) dan Anggota DPR RI Dwi Ria Latifa (kiri) saat memjenguk Ragiadi, Senin (5/11/2018)

loading…


“Kita sangat bersyukur, saat ini Rafiadi kembali sehat setelah menjalani operasi di RSCM Jakarta. Berat badannya sudah mulai bertambah, kepalanya juga sudah bisa digoyang-goyang,” kata Aunur Rafiq sambil menggendong Rafiadi.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Karimun tersebut, Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada ibu Dwi Ria Latifa. Yang telah mebantu warga Karimun , salah satunya keluarga Rafiadi selama berada di Jakarta.

“Pemerintah daerah juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Dwi Ria Latifa yang punya kepedulian membantu warga yang kesulitan. Selama di Jakarta, beliau yang membantu proses operasi dan perawatan,” kata Rafiq

Rafiadi bersama kedua orang tuanya menjalani berada di Jakarta lebih dari dua bulan untuk menjalani operasi dan perawatan, dan baru dizinkan pulang beberapa hari lalu namun harus tetap melakukan kontrol ke RSUD Muhammad Sani.

Sementara itu, anggota DPR-RI dari daerah pemilihan Provinsi Kepri, Dwi Ria Latifa mengatakan, bantuan yang diberikan terhadap Rafiadi merupakan wujud kepedulian terhadap warga yang kesulitan.

“Sebagai anak Karimun, saya sangat peduli dengan orang Karimun. Dan sudah tugas saya untuk membantu warga Karimun yang ingin berobat ke Jakarta. Dan Alhamdulillah, dengan pengobatan secara dini, kondisi Rafiadi sudah membaik,” kata Dwi Ria Latifa 

Rafiadi mengalami benjolan cukup besar di kepala, seperti daging tumbuh. Hal ini biasa disebut dengan meningo-esfalokel.

Meningoensefalokel (encephalocele) adalah benjolan pada kepala atau wajah yang disebabkan adanya gangguan pada tabung saraf yang tidak menutup dengan sempurna.

Pada saat kehamilan tiga bulan pertama, tabung saraf yang membentuk tulang kepala dan tulang belakang seharusnya sudah menutup dengan sempurna, namun karena sesuatu hal, penutupan ini terganggu karena jaringan otak tidak mau memisahkan diri dari lapisan luar atau kulit. Akibatnya, sebagian otak yang tertinggal di luar mengganggu penutupan tulang kepala atau tulang belakang. (syah)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.