oleh

Wujud Syukur Warga Buru kepada Sang Pengabdi Negeri

Karimun – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 wilayah Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun berakhir sudah dilaksanakan.

Banyak hal yang terjadi dalam proses pengerjaan yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam program TMMD ke 109 2020 kali ini. Suka maupun duka tampak dalam raut wajah setiap prajurit yang setia dalam membela Negara.

Perjalanan panjang pun dimulai di sebuah desa yang terletak di kawasan kepulauan Riau tepatnya di kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

Demi mensejahterakan serta menumbuhkan perekonomian di desa tersebut sang prajurit rela habiskan waktu siang dan malam guna membuka akses jalan baru bagi masyarakat Buru.

Jalan sepanjang 3.040 meter dan pembuatan 3 unit box culvert yang menghubungkan Kelurahan Buru dan Kelurahan Lubuk Puding di Kecamatan Buru sudah 100% selesai.

Kini kegiatan sudah usai, masyarakat sudah dapat melalui jalan tersebut, hanya saja tampak kesedihan yang mendalam dirasakan oleh masyarakat Buru, kesedihan itu terlihat dari wajah mereka yang begitu tulus.

Berita Terkait :  Gerak Cepat Satgas TMMD Kodim 0317/Tbk Dalam Pengerjaan Semenisasi Jalan Perwira Tanjungbatu Barat

Bukan soal jalan yang tidak sesuai harapan masyarakat, bukan juga soal lahan mereka yang terpakai buat jalan tersebut, namun kesedihan mendalam dirasakan masyarakat telah berakhirnya kegiatan TMMD.

Masyarakat Buru sedih sekaligus khawatir para prajurit yang telah membangun desa mereka tidak akan kembali ke desa mereka, hal ini diungkapkan oleh Ketua RT. 03, RW. 01. Kelurahan Buru, Samiun.

“Setiap pertemuan tentu ade perpisahan, namun kami juge berharap jangan jadikan perpisahan sebagai akhir dari pertemuan. kehilangan sudah tentu, sedih juge terase yang kami biase bersame kini dah tak lagi,” ucap Samiun.

Samiun juga menyampaikan ribuan terimakasih buat Kodim 0317/TBK tanpa terkecuali yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

“Terimakasih tak terhingge buat Kodim 0317/TBK beserta seluruh prajurit yang telah membangun akses jalan baru di desa kami, dengan dilaluinya jalan tersebut oleh setiap masyarakat maka selama itu jugalah pahala mengalir untuk para prajurit kami yang telah berjuang membangun jalan tersebut,” pinta Samiun mengakhiri.

Berita Terkait :  Lomba Baca Puisi Jilid III Kemas Meranti Sukses Di Gelar

Sementara Camat Buru Helmi juga menyampaikan rasa syukurnya kepada Satgas TMMD Kodim 0317/TBK yang telah membangun desa kami dalam program TMMD.

“Kami masyarakat merasa terbantu dengan apa yang sudah dilakukan Satgas TMMD di desa kami. Mereka seharian terus mencurahkan tenaganya untuk terus bekerja demi kemajuan desa kami,” ujarnya.

Dalam pantauan upacara penutupan TMMD 109 Kodim 0317/TBK dipimpin langsung oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito didampingi Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto di Gedung Nasional Karimun, Rabu (21/10).

Brigjen TNI Didied mengatakan kegiatan TMMD ke-109 bertemakan “Pengabdian Untuk Negeri” ini merupakan wujud program TNI AD dalam mendukung upaya pemerintahan guna membangun masyarakat pedesaan.

“Selain itu, TMMD ini juga merupakan salah satu program dalam operasi bakti TNI AD,” kata Didied.

Didalam pelaksanaan TMMD ini, Didied mengatakan, TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah bersinergi dengan masyarakat membangun sasaran fisik pembuatan badan jalan sepanjang 3040.

Berita Terkait :  Inilah Sasaran Kegiatan TMMD Ke-101 Kodim 0317/Tbk

“Termasuk 3 unit box culvert di Parit Sembilan, Kelurahan Buru dan Kelurahan Lubuk Puding, Kecamatan Buru, Karimun,” sambungnya.

Keberhasilan TMMD ke-109 di wilayah Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun ini merupakan suatu kebanggaan bagi semuanya.

Ia berharap dengan semangat kebersamaan, kerja keras dan gotong-royong oleh seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, dapat terus dijaga dalam setiap kesempatan dan kegiatan.

TMMD ke-109 kata dia tidak saja melaksanakan kegiatan fisik. Namun, juga melakukan kegiatan non fisik seperti menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersamaan yang dilandasi partisipasi aktif dari seluruh elemen bangsa.

“TNI juga menggugah serta memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa guna meningkatkan wawasan kebangsaan sekaligus semangat nasionalisme dalam rangka memperkokoh kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata dia.

Dalam rangkaian penutupan TMMD ke-109 ini, Kasdam didampingi Danrem 033/WP juga berkesempatan mengunjungi Makodim 0317/Tanjung Balai Karimun, serta memberikan arahan kepada prajurit dan anggota Persit KCK.*

(ron)

Bagikan Artikel ini :