Bupati Karimun: Untuk saat ini hindari dulu bersalaman

  • Bagikan

Karimun – Bupati Karimun Aunur Rafiq menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun, provinsi kepulauan Riau agar disiplin dalam menjalankan protokoler kesehatan tentang Corona.

Harapan sekaligus permintaan tersebut diucapkan langsung oleh Rafiq kepada sejumlah awak media di gedung Nasional, Sabtu (15/08/2020).

Dalam himbauan tersebut selain tertib protokoler kesehatan Aunur Rafiq juga meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga jarak satu sama lain terlebih lagi kontak fisik secara langsung.

Seperti halnya berjabat tangan ketika kita berjumpa dengan karib kerabat, sikap ini sudah menjadi suatu budaya ditengah masyarakat, dalam kondisi saat ini Rafiq minta agar dihindari dahulu.

“Hindari sentuhan secara fisik dengan sesama, banyak cara lain yang bisa dilakukan seperti menganggukkan kepala saja ketika jumpa,” ujar Rafiq.

Berita Terkait :  Apri Tewas di Tangan Polisi setelah Berkelahi dan Tikam Brigadir Adil

Perlu diketahui tindakan ini dilakukan bukanlah untuk menghilangkan etika maupun budaya yang sudah melekat di tengah masyarakat, namun sikap itu merupakan satu cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Masih Rafiq melanjutkan, dalam pandangan Islam itu sendiri berjabatan tangan adalah sunah, sedangkan menjaga kesehatan diri sendiri merupakan kewajiban apalagi menjaga kesehatan orang lain.

“Mohon pengertian dan pemahamannya, ini bukan soal melarang budaya maupun etika kita. Tapi untuk sementara dengan penyebaran Covid-19 saat ini, sentuhan-sentuhan fisik yang merupakan sunnah kita hindarkan dulu untuk sementara waktu utamakan yang wajib yakni menjaga kesehatan kita maupun orang banyak,” kata Rafiq mengakhiri.**

(ron)

Bagikan Artikel ini :
banner 120x600
  • Bagikan