oleh

Capten Barlet Silalahi: MV Tina 1 Kandas saat mengangkut ratusan peti kemas

BATAM – Kapal Tanker Super Cargo bernama MV Tina 1 GT 66.332 kandas di Perairan Batu Berhenti, Batam, Kepri, Minggu (22/11/20) sekitar pukul 22.37 WIB.

MV Tina ini diketahui berbendera Cyprus dengan imo 5BYH4, sedang mengangkut muatan ratusan peti kemas (Kontainer) dari Singapura menuju Jakarta.

Menurut Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Karimun, Kepri, Capten Barlet Silalahi, Kapal MV Tina I sebelumnya baru memuat ratusan peti kemas (Kontainer) di Pelabuhan Pasir Panjang, Singapura, yang akan berlayar menuju Tanjung Priok, Jakarta, Indonesia.

“Jadi saat kejadian, Kapal ini berisikan 20 orang Anak Buah Kapal (ABK), dengan Nahkoda bernama Krzystor Bogdan berkebangsaan Polandia dan seluruh krew kapal dinyatakan selamat,” ujarnya Senin (23/11/20).

Berita Terkait :  Polda Kepri Bongkar Sindikat Jaringan Narkoba Internasional

Terkait penyebab kapal kandas masih dilakukan pemeriksaan. Kondisi kapal tidak mengalami kebocoran dan tidak menyebabkan tumpahan minyak.

Kapal tersebut milik agen pelayaran PT Admiral Lines Jakarta, kapal diketahui sedang membawa muatan kontener sebanyak 4.096 Teus dan mengalami kandas di sekitar Selat Philip.

“Kapal MV Tina I memiliki panjang sekitar 278,94 meter dan lebar sekitar 40 meter,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa posisi Kapal tak jauh dari MV Shahraz yang mengalami kandas beberapa waktu lalu di titik kordinat yang sama.

“Kapal MV Tina 1 ini juga diketahui menghantam buritan MV Shahraz yang sebelunya kandas diposisi yang sama dan tengah dievakuasi,” katanya.

Saat ini kapal tersebut tengah dilakukan evakuasi di titik kordinat di 01° 11′ 213″ N/103° 52′ 797″ E. Seluruh armada penyelamatan tengah dikerahkan ke lokasi kejadian menggunakan Kapal KN Rantos dan KN Sarotama milik Basarnas dan Syahbandar.

Berita Terkait :  Kasus Oknum Fotografer Terus Berlanjut, Lagi Tiga Tersangka Ditangkap

“Kalau penyebab pasti masih diselidiki, kini Kapal masih mengalami kandas dihamparan Batu Karang dilokasi kejadian dan kapal tersebut tengah dilakukan evakuasi untuk langkah penyelamatan,” pungkasnya.**

(Sbr)

Bagikan Artikel ini :

Komentar

Tinggalkan Balasan