oleh

Ditengah Pandemi Covid-19, Babinsa Bersama Satpol-PP dan MPA Terus Laksanakan Patroli Karhutla

-Riau-8 dilihat

SELATPANJANG | Walau masih ditengah Pandemi Covid-19. Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Serma Syafi’i bersama Satpol-PP, dan MPA terus giat melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di Wilayah binaan yang rawan dan sering terbakar di Desa Kundur Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (1/5/2021).

Danramil 02/Tebing Tinggi Mayor Arm Bismi Tambunan SE melalui Serma Syafi’i mengatakan, tujuan kegiatan patroli ini untuk menekan terjadinya karhutla, dan meminimalisir adanya kebakaran yang sering terjadi di wilayah desa binaan Koramil 02/Tebing Tinggi.

“Dengan adanya patroli Karhutla masyarakat mengerti pentingnya efek dari Karhutla itu sendiri dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” ujarnya.

Dan tambahnya lagi, apabila musim kemarau, semak belukar menjadi kering dan sangat mudah terbakar, ditambah lagi pada umumnya lahan bertanah gambut apabila terbakar akan sulit dipadamkan.

Berita Terkait :  Satpol PP Meranti Gelar Patroli Pantau Pemasangan Bendera Merah Putih di Kota Selatpanjang

“Tidak bosan-bosannya kami menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar dan saling menjaga lahannya agar tidak terbakar,” ujarnya lagi

“Kami akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap dampak akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya lagi.

Lanjutnya lagi, giat sosialisasi dan patroli ini terus di laksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa.

“Selain melaksanakan patroli dan sosialisasi karhutla, bersamaan juga kita sosialisasi untuk mencegah penularan Covid-19, terus aktif mengimbau kepada masyarakat di desa-desa agar selalu menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Virus Corona,” tutupnya.

Salah satu warga Desa Kundur mengatakan, adanya patroli bersama ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan, dalam rangka mencegah Karhutla di wilayah Kepulauan Meranti.

Berita Terkait :  Operasi Gabungan Polda Riau Amankan 14 Kg Sabu

“Patroli Karhutla bersama Babinsa dan Satpol-PP sangat membantu memberi pemahaman kepada masyarakat cara mencegah kebakaran lahan dan hutan di tempat kami,” ucap warga yang tidak mau disebutkan namanya.(Red)

Bagikan Artikel ini :