Menabung atau Investasi, Manakah yang Terbaik?

Liputankepri.com – Kondisi ekonomi yang tidak menentu membuat orang harus memiliki perencanaan keuangan yang matang dalam kehidupannya. Tidak hanya mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan saja, namun anda juga harus memikirkan tentang menggunakan pemasukan untuk hal-hal yang nantinya akan menguntungkan anda kedepannya seperti menabung atau investasi.

Namun banyak orang yang bingung untuk memilih antara menabung ataupun investasi. Lalu pilihan mana kah yang tepat antara menabung atau investasi? Berikut ini penjelasannya:

Menabung

Yang dimaksudkan dengan menabung adalah menyisihkan beberapa bagian dari pemasukan untuk disimpan. Menabung dapat dilakukan di rumah, bank, ataupun tempat lainnya yang dirasa aman.

Kebiasaan menabung memang perlu dilakukan sejak dini karena akan sangat menguntungkan kedepannya. Uang yang ditabung dapat digunakan untuk keperluan kedepannya ataupun bisa digunakan untuk kepentingan darurat. Banyak orang yang memilih menabung karena meskipun pertumbuhan nilainya lambat namun risiko nya sangat kecil.

Banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari menabung, antara lain adalah

  • Salah satu keuntungan dari menabung adalah bisa diambil kapanpun anda mau. Sehingga jika sedang dalam kondisi yang darurat maka anda bisa menggunakannya.
  • Bila menabung di bank, maka anda bisa mendapatkan bunga dari bank.
  • Selain itu, menyimpan uang di dalam bank juga sudah terjamin keamanannya, bahkan beberapa bank sudah mendapatkan perlindungan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
Berita Terkait :  BREAKING NEWS UPDATE : ¬†Tokoh Pemuda Kundur Siap Pasang Badan Jika Komisi III DPRD karimun Menutup Sejumlah Perusahaan yang Ada Di Kundur!!!

Namun meskipun begitu, menabung tentunya juga memiliki kekurangan bila anda membandingkannya dengan investasi, antara lain adalah:

  • Jika menabung di bank, maka anda bisa dikenai biaya administrasi setiap bulannya.
  • Meskipun bisa mengambil uang secara mendadak kapanpun anda mau, namun jumlah yang dapat diambil per harinya dibatasi (lewat ATM)
  • Uang yang dimiliki tidak berkembang nilainya.

Investasi

Investasi merupakan proses penanaman uang yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Investasi sangat cocok bagi anda yang menginginkan uang bisa bertambah nilainya kedepannya.

Banyak model investasi yang bisa digunakan mulai dari investasi yang berjangka panjang atau pendek. Bahkan anda bisa memulai investasi dari yang bermodal kecil hingga besar. Anda tinggal menyesuaikan investasi yang dikerjakan sesuai dengan modal dan kebutuhan. Namun meskipun menguntungkan, investasi bisa juga membuat anda rugi jika tidak melakukannya dengan tepat.

Berita Terkait :  TNI AL Dabo Singkep Amankan 20 Karung Pasir Timah Ilegal

Terdapat dua jenis tipe investasi yang bisa dilakukan, seperti

1. Financial Investment

Yang dimaksudkan di sini adalah menginvestasikan uang anda untuk aset yang berbentuk finansial seperti saham, obligasi, deposito, dan lainnya. Di Indonesia ini perdagangan saham biasanya dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia.

Yang diperjualbelikan di sini adalah surat-surat berharga yang disebut dengan saham. Namun tidak semua perusahaan bisa langsung mengeluarkan surat-surat saham. Perusahaan yang bisa menjual belikan saham tentunya harus sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh bursa efek.

2. Rilil Investment

Sedangkan riil investment merupakan investasi berupa barang seperti tanah, bangunan, emas, dan masih banyak lainnya. Pada umumnya, riil investment terbagi menjadi dua jenis yaitu riil dan non riil. Investasi riil disini menggunakan objek investasi yang rill (nyata) sehingga pertambahan nilai barang tersebut bisa dikontrol kapanpun anda mau.

Berita Terkait :  Kejahatan Narkoba Warnai Batam Sepanjang Tahun 2016

Sama halnya dengan menabung, investasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan antara lain adalah:

Kelebihan dari investasi:

  • Pertumbuhan dari nilai investasi berjalan cepat
  • Lebih aman karena diawasi langsung oleh otoritas jasa keuangan
  • Dikelola oleh pihak-pihak yang professional di bidangnya dan memiliki legalitas yang jelas
  • Sangat menguntungkan untuk masa depan, misalnya saja untuk pendidikan anak atau pensiun

Kekurangan dari investasi adalah:

  • Sangat berisiko terutama bagi anda yang masih sangat awam
  • Tidak ada lembaga penjamin seperti halnya menabung
  • Karena sifatnya digunakan untuk jangka panjang, maka investasi yang dilakukan tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak.

 

 

(dnb/oz)

Bagikan Artikel ini :
banner 120x600

Tinggalkan Balasan