oleh

Wacana Pemekaran Daerah Otonomi Baru, Tim 9 Natuna Bersilaturahmi ke Anambas

Natuna – Tim 9 Natuna berangkat menuju Anambas untuk melakukan kunjungan silaturrahmi sekaligus koordinasi dengan Panja Anambas berkaitan dengan wacana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Kepulauan Natuna-Anambas, Senin (29/03 2021) kemaren.

Pertemuan berlagsung di Ruangan Aula Pertemuan Kantor Bupati, Selasa (30/03/ 2021) pukul 09.00-12.00 WIB. Dengan salah satu kesepakatan berupa kesamaan persepsi dan keinginan untuk memekarkan diri menjadi provinsi baru yang terpisah dari provinsi induk, Kepulauan Riau, degan berbagai pertimbangan.

Kesepakatan lain yang dicapai adalah keinginan bersama untuk melakukam Musyawarah Besar (Mubes) Masyarakat Natuna-Anambas yang diikuti dengan kesepakatan membentuk pantia pelaksana Mubes diberi nama Panitia Musyawarah Besar Masyarakat Natuna-Anambas Untuk Pemekaran Provinsi dan terpilih :

Berita Terkait :  Sensissiana: Hotel Tangguh Menuju New Normal
  1. Ketua : Umar Natuna (Batuna)
  2. Wakil Ketua : H. rdan (Anambas)
  3. Sekretaris : Indra Saputra (Anambas)
  4. Wakil Sekretaris : Haryadi (Natuna)
  5. Bendahara : Mustamin Bakri (Natuna)
  6. Wakil Bendahara : Sulaiman (Anambas)

Dan ditambah dengan anggota Tim 9 Natuna dan anggota Panja Abambas yang sudah melebur menjadi panitia mubes ditambah dengan unsur masyarakat lain dari kedya kabupaten tersebut. Pertemuan belum menentukan tempat dan waktu pelaksanaan mubes walau di dalam pertemuan di sepajati untuk melaksabakan sesegera mungkin setelah hari raya Idul Fitri mendatang.

Pada malam harinya, rombongan melakukan kunjungan silaturahmi di kediaman Bupati Anambas sekaligus menyampaikan hasil pertemuan yang dilakukan sebelumnya. Dan Bupati Anambas, Abdul Haris, memberikan arahan agar panitia mubes dapat bekerjasama dengan kompak dan merancang mubes dengan segera.

Berita Terkait :  Karang Taruna Desa Sepempang Resmi Dibentuk

Pada pagi hari, Rabu, tanggal 31 Maret 2021, Tim 9 Natuna berangkat pulang meninggalkan Tarempa menuju Jemaja/Letung dg moda transportasu laut, ferry, dan sandar di pelabuhan Padang Melang (Jemaja) dan disambut oleh masyarakat Jemaha beseta panitia pemekaran Kabupaten Jemaja.

Sebelum menuju Bandara Letung dg tujuan Batam, rombongan Tim 9 melakukan pertemuan dan dialog dg masyarakat Jemaja dan panitia pemekaran kabuoaten yang diakhiri makan siang bersama. Pada pukul 12.30 WIB rombongan menuju bandara dan take iff dengan tujuan Batam.

Insya Allah besok, Jumat tanggal 2 April 2021, rombongan Tim 9 akan pukang ke Natuna.

Semoga perjalanan ini menjadi titik awal perjuangan pemekaran provinsi yang diharapkan masyarakat Natuna-Abambas. Dan langkah besarnya adalah pelaksanaan Mubes untuk menyatukan persepsi masyarakat tentang keinginan memekarkan diri menjadi provinsi baru tersebut.

Berita Terkait :  Pengoperasian RoRo Insit Laut-Buton Tunggu Regulasi, Wabup Optimis Sebelum Lebaran Bisa Beroperasi

Untuk itu, mari bersana-kita kita dukung dan kita hadiri Mubes nanti untuk memberikan masukan, sumbang saran pemikiran dan lain-lain kepada Badan Pembentukan (nama badan perjuangan nantinya akan diputuskan di dalam Mubes) yang akan dihasilkan atau dipilih dalam pelaksanaan Mubes.

Sebagai catatan, pertemuan koordinasi di Anambas tidak menentukan nama provinsi yang kita wacanakan dan kita inginkan ini, biarlah nanti berkembang dan diputuskan didalam pelaksanaan Mubes, begitu juga tentang hal-hal lain.**

(Rud)

Bagikan Artikel ini :

Komentar

Tinggalkan Balasan